Pangdam I/BB Pimpin Sertijab Kabekangdam, Kapaldam, LO TNI AU dan Tradisi Corps Penerimaan serta Pelepasan Perwira

INDONESIASATU.CO.ID:

MEDAN -  Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah memipin langsung acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kabekangdam, Kapaldam, LO TNI AU dan Tradisi Koprs Penerimaan serta Pelepasan perwira di Balai Prajurit Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (10/12/2018). 

Acara turut dihadiri Kasdam I/BB, Irdam, Kapok Sahli, Staf Ahli dan Staf Khusus, LO TNI AL, LO TNI AU, Danbrigif 7/RR, para Asisten Kasdam, Kabalak, para Dansat BS jajaran Kodam I/BB, dan Ketua Persit KCK PD I/BB, Ny Trisasanti MS Fadhilah beserta pengurus dan jajarannya. 

Dalam amanatnya, Pangdam I/BB menjelaskan, serah terima jabatan ini adalah sebuah keniscayaan yang harus terjadi dalam sebuah organisasi. Pergantian pejabat seperti ini juga merupakan salah satu implementasi dari upaya untuk memelihara dan senantiasa meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi dalam pelaksanaan tugas pokok. 

"Yang terpenting dari itu semua, kita harus memahami bahwa pergantian pejabat TNI AD tentu saja dilakukan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel," tegas Pangdam. 

Adapun pejabat yang melakukan laporan korps serah terima jabatan Kabekangdam I/BB, yakni dari pejabat lama Kolonel Cba Gusman Hakim kepada Letnan Kolonel Cba Asep Sumpeno. 

Kemudian, Kapaldam I/BB dari Kolonel Cpl Bobby Wisnu Tjahyadi, SE kepada Letnan Kolonel Cpl Adolf Surung Simanjuntak, SSos, dan LO TNI AU dari Kolonel Lek I Dwisulistyo H kepada Letnan Kolonel Lek Eka Putra. 

"Berkenaan dengan kegiatan Serah Terima Jabatan ini, selaku Pangdam I/BB dan pribadi, saya mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Cba Gusman Hakim, Kolonel Cpl Bobby Wisnu Tjahyadi, SE, dan Kolonel Lek l Dwisulistyo H, masing-masing beserta istri atas segala dedikasi dan pengabdiannya selama ini, sehingga saudara-saudara dapat menyelesaikan tugas dalam memimpin dan membina satuan dengan baik," ucap Pangdam. 
  
Kepada Letnan Kolonel Cba Asep Sumpeno, Letnan Kolonel Cpl Adolf Surung Simanjuntak, SSos, dan Letnan Kolonel Lek Eka Putra, Pangdam I/BB mengucapkan selamat atas kehormatan yang diberikan pimpinan untuk menjabat sebagai Kabekangdam, Kapaldam dan LO TNI AU. 

"Semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya seraya terus berbuat yang terbaik bagi kepentingan organisasi, bangsa dan negara," harap Pangdam. 

Ucapan selamat dan terima kasih juga disampaikan Pangdam kepada para istri yang telah dengan setia mendampingi langkah pengabdian para suami untuk mencapai sukses hingga saat ini, serta membina organisasi Persit KCK di lingkupnya masing-masing. 

"Semoga ibu-ibu juga dapat senantiasa terus berkarya demi mendukung tugas para suami serta mengembangkan organisasi Persit di manapun ditugaskan," ucap Pangdam.   

Di kesempatan itu, Pangdam juga menguraikan, melalui pertimbangan penilaian kinerja dan prestasi kerja serta talent scouting dengan memberikan pengalaman dalam penugasan yang beragam dan berjenjang, diharapkan perwira yang memperoleh kesempatan dan kepercayaan mengemban jabatan yang variatif, akan berhasil meningkatkan wawasan berpikir, menambah wawasan pengetahuan dan kualitas keterampilan, serta meningkatkan kualitas manajerial dan kepemimpinannya.

Serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan yang diselenggarakan ini, diakui Pangdam, adalah bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dan kebutuhan dalam rangka mewujudkan para perwira dan organisasi TNI AD yang berkembang dinamis dan semakin profesional, selaras dengan tuntutan tugas yang tidak semakin ringan.  

"Untuk itu, saya berharap kepada Letnan Kolonel Cba Asep Sumpeno sebagai pejabat Kabekangdam I/BB untuk meningkatkan terus fungsi pembekalan dan angkutan, yang diarahkan untuk menjamin kesiapan serta mobilitas satuan di jajaran Kodam I/Bukit Barisan. Oleh karenanya, sangat perlu untuk menyiapkan suatu sistem dukungan logistik yang efektif dan efisien. Dengan demikian keberadaan Kabekangdam I/BB harus dapat memberikan kontribusi bagi kepentingan organisasi Kodam I/BB," pesan Pangdam. 

Demikian halnya dengan Paldam I/BB sebagai badan pelaksana Kodam I/BB yang bertugas menyelenggarakan fungsi peralatan dan pemeliharaan materiil kendaraan, senjata, alat optik dan munisi serta teknologi mekanik, Pangdam meminta harus mampu berperan sebagai satuan bantuan administrasi dalam rangka pembinaan dan penggunaan materiil peralatan guna mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam I/BB. 

"Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang alutsista serta tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks, maka Paldam I/BB dituntut mampu memelihara dan meningkatkan kesiapan sumber daya manusianya. Selain itu, setiap prajurit peralatan juga dituntut memiliki kreasi dan inovasi serta inisiatif dan tanggap terhadap kebutuhan satuan yang dilayani," pesan Pangdam lagi.  

Selanjutnya kepada LO TNI AU yang merupakan perwira penghubung yang mengkomunikasikan sekaligus mengkoordinasikan kegiatan Kodam I/BB dengan komandan satuan jajaran TNI AU yang ada di wilayah Kodam I/BB, dalam rangka pembinaan potensi kedirgantaraan guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh. 

"Tugas ini sangat penting dalam rangka menjaga stabilitas pertahanan udara di wilayah Sumut, Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau. Saya yakin dan percaya, dengan bekal pengalaman dalam mengemban berbagai tugas dan jabatan sebelumnya, saudara-saudara tidak akan mengalami kesulitan untuk melaksanakan dan melanjutkan pembinaan di satuan guna menghadapi tuntutan tugas yang semakin kompleks dan dinamis di masa mendatang," papar Pangdam.

Di acara yang sama, Pangdam juga menerima Perwira baru, yakni Letnan Kolonel Abdul Hamid, SIP yang akan menjabat sebagai Kasilog Korem 031/Wira Bima, Pekanbaru, Riau. "Saya ucapkan selamat datang, selamat bertugas dan segera menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas yang baru," ucap Pangdam.  

Selanjutnya, kepada Kolonel Cba Gusman Hakim, Kolonel Cpl Bobby Wisnu Tjahyadi, SE dan Kolonel Lek l Dwisulistyo H, Pangdam atas nama seluruh prajurit Kodam I/BB mengucapkan selamat jalan. "Teriring doa dari kami semua, semoga semakin sukses di tempat penugasan yang baru," pungkas Pangdam mengakhiri. (***)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita